Selasa, 23 Februari 2010

Pertumbuhan Ekonomi Sulteng Diyakini Capai Tujuh Persen

Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) HB Paliudju optimistis daerahnya mampu mempertahankan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas tujuh persen seperti yang dicapai pada dua tahun terakhir.

"Tahun 2008, pertumbuhan ekonomi kita mencapai 7,67 persen sedangkan tahun 2009 turun sedikit menjadi 7,66 persen. Tahun 2010 ini kita optimistis minimal bisa mempertahankannya," katanya saat memberikan sambutan pada musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) sektor kelautan dan perikanan di Palu, Selasa (23/2).

Ia berharap sektor kelautan dan perikanan akan memberikan kontribusi yang lebih besar tahun ini sehubungan dengan naiknya dana alokasi khusus (DAK) sektor kelautan dan perikanan sebesar 150 persen, belum termasuk dana-dana lainnya dari APBN dan APBD provinsi dan kabupaten/kota. Sementara itu, laporan Bank Indonesia Palu menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Sulteng 2010 masih prospektif meski diprediksi akan mengalami pelambatan pada tiga bulan pertama tahun ini.

Selama triwulan I 2010, PE Sulteng diperkirakan hanya akan tumbuh 4,86 persen, lebih rendah dari triwulan sama tahun 2009 yang mencapai sekitar lima persen. Pertumbuhan ekonomi masih akan bersumber dari konsumsi rumah tangga. Masih kuatnya konsumsi rumah tangga ini tercermin dari hasil survei konsumen pada bulan Desember 2009 yang mencatat indeks ekspektasi konsumen (IEK) mencapai 126,67 persen atau di bawah level optimistis.

Secara sektoral, ekonomi Sulteng akan didorong oleh pertumbuhan sektor pertanian termasuk perikanan dan kelautan. Kinerja sektor pertanian pada awal tahun 2010 ini akan lebih baik sehubungan dengan akan tibanya musim panen raya padi di Kabupaten Parigi, Poso dan Banggai.

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan Sulteng Hasanuddin Atjo mengatakan, pihaknya akan menaikkan produksi sektor perikanan budidaya sekitar 28 persen pertahun dalam lima tahun ke depan dan perikanan tangkap sekitar 10 persen.

Peningkatan produksi ini diperkirakan akan mampu menggerakkan ekonomi daerah, terutama di tingkat desa karena desa akan dijadikan simpul-simpul utama kegiatan sektor kelautan dan perikanan dalam upaya meningkatkan produksi dan kesejahteraan masayarakat. (Ant/OL-06)

Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/02/23/125048/128/101/Pertumbuhan-Ekonomi-Sulteng-Diyakini-Capai-Tujuh-Persen
23 Februari 2010

1 komentar:

  1. nano titanium by babyliss pro - iTanium Arts
    As far titanium solvent trap monocore as you can see, titanium vs ceramic there are a lot of different models for your smartphone titanium pan and tablet. You can titanium price per ounce build your own design, customize and titanium forging use your own ideas.

    BalasHapus