Selasa, 23 Februari 2010

Selayang Pandang Kota Palu


Kota Palu awalnya adalah kota kecil yang menjadi pusat kerajaan Palu. Setelah penjajahan Belanda maka kerajaan ini merupakan bagian dari wilayah kekuasaan, Onder Afdeling Palu. Onder Afdeling Palu membawahi 3 Landschap yakni :

A. Landschap Palu yang terdiri dari :
Distrik Palu Timur
Distrik Palu Tengah
Distrik Palu Barat


B. Landschap Kulawi
C. Landschap Sigi Dolo

Pada saat Perang Dunia II sekitar tahun 1942 Kota Donggala sebagai ibukota Afdeling Donggala dihancurkan baik oleh pasukan Sekutu maupun Jepang sehingga pusat pemerintahan dialihkan ke Palu sekitar tahun 1950, yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 44 tahun 1950 menjadi wilayah daerah Sulawesi Tengah dan berkedudukan di Poso, sedangkan Kota Palu hanya merupakan tempat kedudukan Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) setingkat Wedana. Lebih jauh Kota Palu berkembang setelah dibentuknya Residen Koordinator Sulawesi Tengah Tahun 1957 membuat status Kota Palu menjadi Ibukota Karesidenan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 tahun 1964 dengan terbentuknya Propinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah, telah memberi arti dan peran yang lebih baik bagi Kota Palu karena menjadi Ibukota Propinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah.

Dengan semakin besarnya peran kota ini dalam bidang pemerintahan dan pembangunan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1978 maka Kota Palu di tetapkan menjadi Kota Administratif.

Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1994 telah dibentuk Kotamadya Daerah Tingkat II Palu yang mempunyai Wilayah meliputi :
Kota Administratif Palu
Sebagian wilayah Kecamatan Tavaili


Secara administratif Wilayah Kota Palu terdiri dari :

Kecamatan Palu Utara
Kecamatan Palu Timur
Kecamatan Palu Barat
Kecamatan Palu Selatan

Secara Administratif, Kota Palu adalah ibukota Propinsi Sulawesi Tengah, yang dibagi dalam 4 (empat) kecamatan dan 43 kelurahan. Kota Palu dengan wilayah seluas 395,06 kilometer persegi (Gambar 1.1 Luas Wilayah Kota Palu dibagi dalam empat kecamatan), berada pada kawasan dataran lembah Palu dan teluk Palu yang secara asrtronomis terletak antara 0º,36” - 0º,56” Lintang Selatan dan 119º,45” - 121º,1” Bujur Timur, tepat berada di bawah garis Katulistiwa dengan ketinggian 0 - 700 meter dari permukaan laut.

Penduduk

A. Jumlah Penduduk

Hasil Proyeksi SUPAS tahun 2008 menunjukkan bahwa jumlah penduduk Kota Palu mencapai 309.032 jiwa. Dari jumlah tersebut terdapat 6 jiwa penduduk warga negara asing (WNA).


B. Kepadatan Penduduk

Seiring dengan mening- katnya jumlah penduduk, maka tingkat kepadatan penduduk juga mengalami peningkatan. Kepadatan penduduk Kota Palu keadaan akhir tahun 2008 tercatat 782 jiwa/km², dengan luas wilayah Kota Palu 395,06 km².

Bila dilihat penyebaran penduduk pada tingkat kecamatan, ternyata Kecamatan Palu Selatan merupakan wilayah dengan kepadatan penduduk tertinggi yaitu 1.797 jiwa/km², sedangkan Kecamatan Palu Timur merupakan wilayah yang terjarang penduduknya yaitu sebanyak 373 jiwa/km².


C. Rasio Jenis Kelamin

Rasio jenis kelamin di Kota Palu pada tahun 2008 adalah sebesar 98 yang berarti setiap 100 penduduk perempuan terdapat 98 penduduk laki-laki atau jumlah penduduk perempuan relatif lebih besar daripada penduduk laki-laki. Pada tingkat kecamatan, Palu Barat mempunyai rasio jenis kelamin tertinggi, yaitu 99 persen, Palu Selatan 98 persen, Palu Utara 97 persen, dan terendah Palu Timur sebesar 96 persen.


D. Komposisi Umur Penduduk

Komposisi atau struktur umur penduduk Kota Palu selama tahun 2008 hampir 70,00 persen berada pada kelompok umur 0-34 tahun, hal ini menunjukkan bahwa penduduk Kota Palu berada pada kelompok penduduk usia muda.

Dengan melihat perbandingan jumlah penduduk yang berusia non produktif dengan penduduk usia produktif dapat diketahui besarnya angka ketergantungan pada tahun 2008 yaitu sebesar 0,40 artinya bahwa setiap 100 orang penduduk usia produktif (15-64 tahun) menanggung sebanyak kurang lebih 40 orang penduduk usia tidak produktif (0-14) tahun dan 65 tahun ke atas.


Sumber :
http://www.palukota.go.id/content.php?id_content=17

Sumber Gambar:
http://sulteng.bps.go.id/palu/Image/palu1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar