Selasa, 23 Februari 2010

Kabupaten Tojo Una-una


Kabupaten Tojo Una-una adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Ampana. Semula kabupaten ini masuk dalam wilayah Kabupaten Poso namun berdasar pada UU no.32 Tahun 2003 Kabupaten ini berdiri sendiri. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.726 km² dan berpenduduk sebanyak 99.866 jiwa (2000).Kabupaten Tojo Una-una mempunyai 9 kecamatan yang terdapat di daratan dan kepulauan yaitu :

Kecamatan yang berada di daratan :

Kecamatan Tojo Barat
Kecamatan Tojo
Kecamatan Ulubongka
Kecamatan Ampana Kota
Kecamatan Ampana Tete

Kecamatan yang berada di kepulauan :

Kecamatan Walea Kepulauan
Kecamatan Walea Besar
Kecamatan Una-Una
Kecamatan Togean

Kabupaten Tojo Una–una terletak pada kordinat 0º 06’ 56” Lintang Selatan sampai 02º 01’41” Lintang Selatan dan 121º 05’ 25” Bujur Timur sampai 123º 06’ 17” Bujur Timur, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

Sebelah Utara berbatasan dengan Teluk Tomini dan Propinsi Gorontalo
Sebelah Timur berbatasan dengan Teluk Tomini dan Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bungku Utara, Kecamatan Petasia dan Kecamatan Mori Atas Kabupaten Morowali
Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Poso.

Topografi wilayah Kabupaten Tojo Una–una umumnya pegunungan dan perbukitan sebagian datar dan agak landai. Ketinggian wilayah umumnya berada di atas 500 meter dari permukaan laut. Kemiringan lereng Kabupaten Tojo Una–una dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

Kemiringan 0 - 2 % (datar-landai), tersebar di seluruh kecamatan khususnya di Kecamatan Ampana Kota. Kondisi tanah ini sangat potensial dimanfaatkan untuk pemukiman.
Kemiringan 3-15 % (landai agak miring), tersebar hampir di seluruh kecamatan. Kondisi tanah seperti ini potensial dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha, namun diperlukan usaha konservasi tanah dan air.
Kemiringan 16-40 % (miring agak curam), tersebar di seluruh kecamatan. Penggunaan tanah dengan kemiringan demikian, cukup rawan dan kurang baik untuk budidaya tanaman pertanian. Namun perlu dikelola dengan baik pemilihan tanaman yang berfungsi sebagai konservasi.
Kemiringan di atas 40 %, merupakan bagian terluas dari wilayah Kabupaten Tojo Una–una. Kondisi tanah ini sangat potensial terkena erosi sehingga perlu upaya pelestarian kawasan lindung.

Kabupaten Tojo Una–una dipengaruhi oleh dua musim yang tetap yakni Musim Barat dan Musim Timur dengan iklim tropis, curah hujan berkisar 1.200-4.100 mm/tahun dan temperaturnya berkisar 17–33º C, sedangkan kelembaban udara antara 74% - 82% dan kecepatan angin berkisar 3-6 knot. Sungai–sungai besar yang mengalir sepanjang tahun di wilayah Kabupaten Tojo Una–una antara lain Sungai Balingara di perbatasan Kabupaten Tojo Una–una dengan Kabupaten Banggai dan Sungai Malei di perbatasan Kabupaten Tojo Una–una dengan Kabupaten Poso.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tojo_Una-una

Sumber Gambar:
http://www.webalice.it/giovanni.marola/Scuba/Varie/walea.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar